Hai, sahabat blogger.... kali ini Habbil TKJ 1 akan menjelaskan secara detai tentang apa yang dimaksud dengan Troubleshoot. Berikut penjelasannya :


TROUBLESHOOT

Troubleshoot komputer adalah segala masalah yang timbul dari komputer disebabkan oleh hardware, software, maupun brainware.

Troubleshooting komputer adalah segala macam bentuk usaha untuk menyelsaikan masalah yang timbul dari komputer yang disebabkan oleh hardware, software, brainware. 


Teknik dalam mendeteksi troubleshoot ada 2 macam :
  1.  Teknik ForwardTeknik ini menggunakan pendeteksian masalah dari komputer dirakit dan belum dialiri listrik. Teknik yang termasuk dalam golongan ini, misalnya pemeriksaan kabel kabel power, kabel data maupun kipas apakah sudah terpasang dengan benar atau belumm pengecekan pemasangan card  tambahan seperti VGA, Sound Card, LAN Card sudah terpasang dengan benar atau belum, dll.
  2. Teknik Backward
    Teknik ini digunakan setelah komputer dinyalakan atau dialiri listrik. Dari berbagai masalah komputer yang ada, banyak ditemui ketika sudah dialiri listrik. Teknik yang termasuk dalam golongan ini, misalnya CD ROM tidak bisa membaca cd yang dimasukkan,  Operating System  tidak dapat booting dengan sempurna, dll.

    Untuk mendeteksi masalah yang paling banyak digunakan adalah Teknik Backward.  Kita dapat mendeteksi berdasarkan suara ( Beep Code ), tampilan ( Pesan Error ), dan menggunakan pengukuran.

    Pendeteksian dengan beep code biasanya akan berhubungan dengan masalah yang terjadi  pada RAM dan VGA. Pendeteksian tampilan (Pesan Error) akan berhubungan dengan masalah yang terjadi pada system operasi, dan disk drive.

    Sedangkan pendeteksian dengan pengukuran biasanya berhubungan dengan arus listrik. Untuk itu digunakan alat bantu pengukur seperti multi tester untuk mengetes arus listrik yang masuk ke power supply , maupun Motherboard



    Dengan mengerti tentang penedeteksian masalah pada komputer diharapkan pembaca dapat menemukan silusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang timbul.


    Sekian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat pagi para pembaca semua.

Jika Sudah Membaca di KLIK yaa :

Title Post: Pengertian Troubleshoot
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: HABBIL TKJ
Terimakasih sudah berkunjung di blog Habbil TKJ 1™, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.


Artikel Menarik Lainya :

Poskan Komentar




Butuh Bantuan Live? Silakan Hub Saya Via Facebook !

 
. Habbil TKJ 1™: Pengertian Troubleshoot - All Rights Reserved
Template by : Citra Blog | Didukung oleh : Allah SWT | Blogger | Google