Directory atau Folder adalah sebuah wadah virtual yang memungkinkan Anda untuk mengatur file Anda pada perangkat penyimpanan dengan mudah.
Anda dapat membuat direktori (folder) sebanyak yang Anda inginkan, memberikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan. Anda juga bisa memberikan nama-nama sesuai kebutuhan untuk mengatur file Anda.

folder tree


Direktori / folder dapat dibuat, diganti-nama dan dihapus, membantu menjaga file-file anda terorganisir.
Sistem operasi modern, seperti Microsoft Windows, memungkinkan Anda untuk mengatur folder tersebut dengan sangat mudah. Juga, beberapa aplikasi perangkat lunak, termasuk sistem operasi, sudah memiliki folder khusus di sana untuk Anda gunakan. Contohnya adalah folder "My Documents" yang dibuat oleh sistem operasi Windows pada saat instalasi, yang biasanya berisi subfolder di dalamnya seperti, My Pictures, My Music, My Video, dll.
 
Subfolder / Subdirektori
Folder dapat memiliki folder dalam diri mereka, disebut sebagai subfolder (subdirektori). Subfolder ini dapat memiliki subfolder lain di dalamnya, dan subfolder itu dapat memiliki subfolder lagi, dan seterusnya, sesuai kebutuhan Anda.

Root Folder / Root Direktori
Sebagaimana disebutkan di atas, sistem folder dapat membuat struktur file seperti pohon, dengan masing-masing subfolder menciptakan cabang pohon. Tingkat tertinggi dari struktur file ini disebut sebagai root, yang, seperti namanya, dapat disamakan dengan akar pohon.

Pada instalasi standar PC  Root folder / direktori utama akan menjadi level teratas dari tempat penyimpanan file utama, yang dalam banyak kasus adalah partisi pada hard disk drive. Setiap perangkat penyimpanan, seperti disket, USB memory stick, dan hard drive portabel, juga memiliki direktori root.

DOS atau Windows Environment
Dalam lingkungan DOS atau Windows, root / akar dari sistem file utama pada umumnya diberi nama "C: \", di mana C: mengacu pada partisi data, dan garis miring di belakang \ adalah pemisah direktori, yang memisahkan nama folder / directory dalam path file.
 
Misalnya, "My Documents" folder pada instalasi Windows Microsoft, sebenarnya terletak di:
C: \ Documents and Settings \ Username \ My Documents

Kembali Ke Kamus>>>

Jika Sudah Membaca di KLIK yaa :

Title Post: Directory
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: HABBIL TKJ
Terimakasih sudah berkunjung di blog Habbil TKJ 1™, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.


Artikel Menarik Lainya :

Posting Komentar




Butuh Bantuan Live? Silakan Hub Saya Via Facebook !

 
. Habbil TKJ 1™: Directory - All Rights Reserved
Template by : Citra Blog | Didukung oleh : Allah SWT | Blogger | Google