Ungkapan idiomatik/ idiom

Yakni, beberapa frase yang memiliki makna tertentu. Idiom = sudah dikenal dan menjadi acuan

Contoh dalam kalimat :

1. Mereka berani melintas batas menjadi wanita segagah Srikandi sejati.

Berani melintas batas = melakukan pekerjaan yang tidak lazim bagi wanita, segagah Srikandi sejati = seperti pahlawan wanita Srikandi (Srikandi adalah tokoh heroik yang terkenal dalam pewayangan Jawa)

2. Barangkali urat takutnya sudah putus. Urat takutnya sudah putus = ungkapan untuk orang yang pemberani

3. Perempuan yang sholehah adalah perhiasan dunia. perhiasan dunia adalah ungkapan yang populer untuk wanita sholehah, alim, taat beragama (telah dikenalkan lewat ajaran agama)

4. Nila bersiteguh melawan banjir peluh dan sakit yang merajam tubuh. (pantang menyerah)

5. Walaupun ia sering menerima hinaan, namun Doni anak yang bermental baja. (tahan ujian apapun)

Latihan

I.Temukan ungkapan idiomatik dalam teks bacaan di bawah ini dan tuliskan maknanya!

II. Ubahlah kata-kata bersinonim yang telah digaris bawahi dan dicetak tebal dan gunakan sinonimnya agar bacaan tersebut menjadi variatif.

Dani adalah seorang sales produk-produk kesehatan. Sudah dua tahun dia banting tulang sebagai sales di perusahaan Tian Shi. Namun, penghasilannya tidak terlalu bagus. Karirnya stagnan, bahkan kadang-kadang dalam sebulan tidak ada pendapatan sama sekali. Suatu hari Dani ditawari temannya bekerja di bidang properti, walaupun masih di bidan pemasaran, tetapi untungnya lumayan berlipat dan jauh lebih banyak daripada ketika masih menjadi sales produk kesehatan.

Akhirnya Dani banting setir menjadi agen properti. Tidak hanya itu, di sela waktu luangnya, ia masih tetap menekuni hobi lamanya yakni karaoke, dancing, dan racing. Ketika ada audisi penyanyi sebuah stasiun televisi, dia pun ikut. Gayanya bernyanyi dan berjoget membuat semua juri berdecak kagum. Ketika ditanya seorang teman apa resepnya sampai ia bisa membuat takluk para juri? Dani menjawab, “Sama seperti bekerja, aku melakukannya dengan sepenuh hati, tidak setengah-setengah.”

“Memangnya kamu tidak malu menari dan menyanyi di depan banyak orang?”

“Wah…kalau itu, mungkin urat maluku sudah putus. Kalau tidak, dari dulu aku sudah berhenti menjadi sales.”

Sang teman pun mengangguk-angguk.

Lain halnya dengan hobinya yang satu ini. Menginjak pedal gas di tiap audisi adalah kepuasan pribadi bagi Dani. Cukup ekstrem dan memacu adrenalin. Sejak kuliah Dani memang salah satu anggota tim pembalap go kart. Tamat kuliah, semua rekan satu timnya rata-rata diterima di perusahaan besar seperti Toyota corp, Astra International, atau BUMN seperti pertamina. Akan tetapi Dani malah melalang buana di dunia kesehatan.

Pada akhirnya, siapa yang akan menyangka bahwa karirnya yang cukup berliku itu bisa sukses. Setahun sejak Dani mengikuti audisi, ia kini dikenal sebagai salah satu penyanyi pria favorit di negeri ini.


Jika Sudah Membaca di KLIK yaa :

Title Post: Ungkapan Idiomatic
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: HABBIL TKJ
Terimakasih sudah berkunjung di blog Habbil TKJ 1™, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.


Artikel Menarik Lainya :

Poskan Komentar




Butuh Bantuan Live? Silakan Hub Saya Via Facebook !

 
. Habbil TKJ 1™: Ungkapan Idiomatic - All Rights Reserved
Template by : Citra Blog | Didukung oleh : Allah SWT | Blogger | Google