Prinsipekonomiadalahsuatusikapatauperilakuseseorang yang mempertimbangkankeuntunganmaupunkerugiansecaracermatdarisegiekonomi, artinyatindakan yang dilakukandengansuatupengorbanan yang sekecil-kecilnyauntuk  memperolehkeuntungansebesar-besarnya.

Bagiperusahaan/produsen

Prinsipekonomiditerapkandalambentuk

1)      Modal yang kecildapatmencapaikeuntungan yang maksimal

2)      Modal yang kecildapatmemproduksisuatubarangsesuai yang direncanakan

3)      Mengurangipemborosandanpengeluaran

Bagikonsumen

1)      Dengandana yang terbatasiadapatmemenuhibarangsesuaikebutuhannya

2)      Untuk  memilihmana yang lebihpentingdanmenjadiprioritas

Berdasarkanuraian di atasdisimpulkanbahwaprinsipekonomibaikbagiprodusenmaupunkonsumenyaitusuatusikap yang menjadikeputusanuntuk  meminimalkanpengeluaran  tetapimemaksimalkankeuntungan.

Motif ekonomi

Motif ekonomiadalahsuatukeinginan yang mendorongseseorangmelakukankegiatanekonomiuntuk  memenuhikebutuhannya motif ekonomidapatdibedakanmenjadibeberapajenisantara lain sebagaiberikut:

· InginMemperolehKeuntungan

Seseorangmelakukankegiatanekonomidenganmaksuduntuk  memperolehkeuntungan. Misalnya, orang membukawarungkelontong, diamembelidariagendanmenjualnyakembalikepadamasyarakatsekitarnya.

Semuakegiatandagang  merupakankegiatanekonomidenganmaksudmencarikeuntunganataulaba. Demikian pula suatuprodusen/perusahaanmembuatprodukdengantujuanmemperolehlaba.

· MotifInginMemperolehPenghargaan Dari Orang Lain

Selainkebutuhansecarafisik, manusiajugamembutuhkanpenghargaandari orang lain. Mislanyaseorangdirekturperusahaanmembelimobilmewahdenganmaksud agar dihargai orang lainbaikkaryawanmaupunmitrausahanya.

· Motif InginMemperoleh Status

Kegiatanekonomidapat pula didorongolehkeinginanuntuk  memperoleh status, misalnyaseseorangmelamarkerja di suatuperusahaanatau  kantorpemerintahdenganmaksuduntuk  merubahstatusnyadaripengangguranmenjadikaryawankantor, seseorangmelakukankegiatandikoperasidenganmaksudinginjadiketuakoperasi.

· Motif MenolongSesamaManusia

Kebutuhanmanusiaselainkebutuhanfisikdanpenghargaandari orang lain, manusiajugamembutuhkan rasa sosial, banyakteman, inginbergauldanditerimadilingkungan. Misalnyaseorangmembukausahagarmen/menjahitdenganmaksudmembantupararemaja yang menganggur agar mempunyaikegiatanpositif.

· Motif MengembangkanDiri

Kegiatanekonomijugadapatdilakukankarenadorongankeinginanmengembangkandiri.Misalnyaseorang yang tadinyaberusaha di dalamkotatertentumeluaskanusahanyakekota lain bahkankeluarnegeri (kegiataneksporimpor).

PerananKonsumendanProdusen

Peranankonsumen

Ø Pengertiankonsumen

Tujuankonsumenyaitumemperolehkepuasansemaksimalmungkinataspenggunaanbarangataujasa yang dikonsumsisertauntuk  mewujudkankemakmuran.

Konsumsitidakhanyasebataskegiatan yang berhubungandenganmakanandanminuman.Konsumsidilakukanterhadapsegala  sesuatu yang dapatmencukupikebutuhanmanusiabaikberupabarangmaupunjasa. Konsumsimerupakankegiatanmemanfaatkannilaigunabendapemuaskebutuhan.Dalamilmuekonomikonsumsiadalahkegiatanuntuk  mengurangiataumenghabiskannilaigunasuatubarangdanjasa.

Benda kosumsimemilikiciri-cirisebagaiberikut:

· Digunakanuntuk  memenuhikebutuhanmanusia

Benda konsumsi yang dihasilkanselaluditujukanuntuk  memenuhikebutuhanmanusia. MisalnyaRonymembelibensinuntuk  kendaraannya.

· Dapathabisjikadigunakansecaraterusmenerus.

Benda ekonomiakanhabisbiladigunakanterus-meneruskarenabendaekonomibersifattidakkekal.

Faktor-faktor yang mempengaruhiperilakukonsumen

Ada duafaktor yang mempengaruhiperilakukonsumenyaitufaktor internal, danfaktor  eksternal. Faktor yang berasaldaridirikonsumendisebutfaktor internal.Faktor yang berasaldariluardirikonsumendisebutfaktoreksternal.

· Faktor internal

Faktor internal yang mempengaruhiperilakukonsumenmisalnya :

Ø Pendapatan

Pendapatanberkaitandenganmasalahkeuangan.Jikabesarpendapatankonsumen, makatingkatkonsumsinyacenderungsemakinbesar.Jikakonsumenmemilikipendapatantinggi, makaiamemilikitingkatkonsumsitinggisebabmerekamempunyaidayabeli yang kuat. Pendapatandapatdigunakanuntuk  mencukupisebagianbesardarikebutuhanhidupnya. Sebaliknyajikakonsumenpendapatannyarendah, makatingkatkonsumsinyacenderungrendah.

Ø Motivasidansikaphidup

Ketikakonsumenmelakukankeputusanuntuk  membeli, berartiiamemilikimotivasitersendiri. Masing-masingkonsumenmemilikimotivasi yang  berbedadalammelakukanpembelian. Ada konsumen yang  membelikarenamemangmembutuhkanataumembelikarenasekedarmengikuti mode ataumembelisebagaisaranamenjaga status sosialataukarenatuntutan mode.

Ø Selera

Salah satufkator yang mempengaruhipolakonsumenseseorang, yaituselera.Setiapindividumemilikiselera  yangberbeda.

· Faktoreksternal

Faktoreksternaldapatmempengaruhiperilakukonsumen.Misalnyahargabarang, status sosial, dankebudayaan, pelayanan.

a)      Hargabarang

b)      Status sosial

c)      Kebudayaan

PeranProdusen

Produksiadalahkegiatan yang dilakukanuntuk  menciptakanataumenambahfaedah/kegunaansuatubarang. Pihak yang melakukanproduksidisebutprodusen.Ciri-cirikegiatan yang dilakukanprodusenantara lain; terpadapemasukanbahanbakusebagai input, danterjadi proses perubahandari input, ataubahanbakumenjadisuatuprodukataulebih.

Tujuanutamaprodusendalam  kegiatanproduksiyaitumencarilaba. Adapuntujuanlainkegiatanproduksiyaitumenyediakanalatpemuaskebutuhan, memenuhikebutuhanbaikkebutuhandalamnegeridanluarnegeridanmeningkatkankemakmuranmasyarakat.

Dalamkegiatanekonomi, peranutamaprodusenadalahsebagaipenyediaalatpemuaskebutuhan.Alatpemuaskebutuhantersebutdapatberupabarangmaupunjasa.Ketersediaanalatpemuaskebutuhandiharpakandapatmeningkatkankesejahteraanmasyarakat.

Produsen pun berperanuntuk  membantupemerintahdalammelaksanakanpembangunan. Hal tersebutdiwujudkandenganpengelolaansumber-sumber  ekonomi yang tidakdapatdikelolaolehpemerintah. Produsenjugaberperanuntuk  menciptakanlapangankerja, meningkatkankualitassumberdayamanusiasertamemeliharakelestarianlingkungan


Jika Sudah Membaca di KLIK yaa :

Title Post: Prinsip Ekonomi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: HABBIL TKJ
Terimakasih sudah berkunjung di blog Habbil TKJ 1™, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.


Artikel Menarik Lainya :

Poskan Komentar




Butuh Bantuan Live? Silakan Hub Saya Via Facebook !

 
. Habbil TKJ 1™: Prinsip Ekonomi - All Rights Reserved
Template by : Citra Blog | Didukung oleh : Allah SWT | Blogger | Google