Prinsipekonomiadalahsuatusikapatauperilakuseseorang yang mempertimbangkankeuntunganmaupunkerugiansecaracermatdarisegiekonomi, artinyatindakan yang dilakukandengansuatupengorbanan yang sekecil-kecilnyauntuk memperolehkeuntungansebesar-besarnya.
Bagiperusahaan/produsen
Prinsipekonomiditerapkandalambentuk
1) Modal yang kecildapatmencapaikeuntungan yang maksimal
2) Modal yang kecildapatmemproduksisuatubarangsesuai yang direncanakan
3) Mengurangipemborosandanpengeluaran
Bagikonsumen
1) Dengandana yang terbatasiadapatmemenuhibarangsesuaikebutuhannya
2) Untuk memilihmana yang lebihpentingdanmenjadiprioritas
Berdasarkanuraian di atasdisimpulkanbahwaprinsipekonomibaikbagiprodusenmaupunkonsumenyaitusuatusikap yang menjadikeputusanuntuk meminimalkanpengeluaran tetapimemaksimalkankeuntungan.
Motif ekonomi
Motif ekonomiadalahsuatukeinginan yang mendorongseseorangmelakukankegiatanekonomiuntuk memenuhikebutuhannya motif ekonomidapatdibedakanmenjadibeberapajenisantara lain sebagaiberikut:
· InginMemperolehKeuntungan
Seseorangmelakukankegiatanekonomidenganmaksuduntuk memperolehkeuntungan. Misalnya, orang membukawarungkelontong, diamembelidariagendanmenjualnyakembalikepadamasyarakatsekitarnya.
Semuakegiatandagang merupakankegiatanekonomidenganmaksudmencarikeuntunganataulaba. Demikian pula suatuprodusen/perusahaanmembuatprodukdengantujuanmemperolehlaba.
· MotifInginMemperolehPenghargaan Dari Orang Lain
Selainkebutuhansecarafisik, manusiajugamembutuhkanpenghargaandari orang lain. Mislanyaseorangdirekturperusahaanmembelimobilmewahdenganmaksud agar dihargai orang lainbaikkaryawanmaupunmitrausahanya.
· Motif InginMemperoleh Status
Kegiatanekonomidapat pula didorongolehkeinginanuntuk memperoleh status, misalnyaseseorangmelamarkerja di suatuperusahaanatau kantorpemerintahdenganmaksuduntuk merubahstatusnyadaripengangguranmenjadikaryawankantor, seseorangmelakukankegiatandikoperasidenganmaksudinginjadiketuakoperasi.
· Motif MenolongSesamaManusia
Kebutuhanmanusiaselainkebutuhanfisikdanpenghargaandari orang lain, manusiajugamembutuhkan rasa sosial, banyakteman, inginbergauldanditerimadilingkungan. Misalnyaseorangmembukausahagarmen/menjahitdenganmaksudmembantupararemaja yang menganggur agar mempunyaikegiatanpositif.
· Motif MengembangkanDiri
Kegiatanekonomijugadapatdilakukankarenadorongankeinginanmengembangkandiri.Misalnyaseorang yang tadinyaberusaha di dalamkotatertentumeluaskanusahanyakekota lain bahkankeluarnegeri (kegiataneksporimpor).
PerananKonsumendanProdusen
Peranankonsumen
Ø Pengertiankonsumen
Tujuankonsumenyaitumemperolehkepuasansemaksimalmungkinataspenggunaanbarangataujasa yang dikonsumsisertauntuk mewujudkankemakmuran.
Konsumsitidakhanyasebataskegiatan yang berhubungandenganmakanandanminuman.Konsumsidilakukanterhadapsegala sesuatu yang dapatmencukupikebutuhanmanusiabaikberupabarangmaupunjasa. Konsumsimerupakankegiatanmemanfaatkannilaigunabendapemuaskebutuhan.Dalamilmuekonomikonsumsiadalahkegiatanuntuk mengurangiataumenghabiskannilaigunasuatubarangdanjasa.
Benda kosumsimemilikiciri-cirisebagaiberikut:
· Digunakanuntuk memenuhikebutuhanmanusia
Benda konsumsi yang dihasilkanselaluditujukanuntuk memenuhikebutuhanmanusia. MisalnyaRonymembelibensinuntuk kendaraannya.
· Dapathabisjikadigunakansecaraterusmenerus.
Benda ekonomiakanhabisbiladigunakanterus-meneruskarenabendaekonomibersifattidakkekal.
Faktor-faktor yang mempengaruhiperilakukonsumen
Ada duafaktor yang mempengaruhiperilakukonsumenyaitufaktor internal, danfaktor eksternal. Faktor yang berasaldaridirikonsumendisebutfaktor internal.Faktor yang berasaldariluardirikonsumendisebutfaktoreksternal.
· Faktor internal
Faktor internal yang mempengaruhiperilakukonsumenmisalnya :
Ø Pendapatan
Pendapatanberkaitandenganmasalahkeuangan.Jikabesarpendapatankonsumen, makatingkatkonsumsinyacenderungsemakinbesar.Jikakonsumenmemilikipendapatantinggi, makaiamemilikitingkatkonsumsitinggisebabmerekamempunyaidayabeli yang kuat. Pendapatandapatdigunakanuntuk mencukupisebagianbesardarikebutuhanhidupnya. Sebaliknyajikakonsumenpendapatannyarendah, makatingkatkonsumsinyacenderungrendah.
Ø Motivasidansikaphidup
Ketikakonsumenmelakukankeputusanuntuk membeli, berartiiamemilikimotivasitersendiri. Masing-masingkonsumenmemilikimotivasi yang berbedadalammelakukanpembelian. Ada konsumen yang membelikarenamemangmembutuhkanataumembelikarenasekedarmengikuti mode ataumembelisebagaisaranamenjaga status sosialataukarenatuntutan mode.
Ø Selera
Salah satufkator yang mempengaruhipolakonsumenseseorang, yaituselera.Setiapindividumemilikiselera yangberbeda.
· Faktoreksternal
Faktoreksternaldapatmempengaruhiperilakukonsumen.Misalnyahargabarang, status sosial, dankebudayaan, pelayanan.
a) Hargabarang
b) Status sosial
c) Kebudayaan
PeranProdusen
Produksiadalahkegiatan yang dilakukanuntuk menciptakanataumenambahfaedah/kegunaansuatubarang. Pihak yang melakukanproduksidisebutprodusen.Ciri-cirikegiatan yang dilakukanprodusenantara lain; terpadapemasukanbahanbakusebagai input, danterjadi proses perubahandari input, ataubahanbakumenjadisuatuprodukataulebih.
Tujuanutamaprodusendalam kegiatanproduksiyaitumencarilaba. Adapuntujuanlainkegiatanproduksiyaitumenyediakanalatpemuaskebutuhan, memenuhikebutuhanbaikkebutuhandalamnegeridanluarnegeridanmeningkatkankemakmuranmasyarakat.
Dalamkegiatanekonomi, peranutamaprodusenadalahsebagaipenyediaalatpemuaskebutuhan.Alatpemuaskebutuhantersebutdapatberupabarangmaupunjasa.Ketersediaanalatpemuaskebutuhandiharpakandapatmeningkatkankesejahteraanmasyarakat.
Produsen pun berperanuntuk membantupemerintahdalammelaksanakanpembangunan. Hal tersebutdiwujudkandenganpengelolaansumber-sumber ekonomi yang tidakdapatdikelolaolehpemerintah. Produsenjugaberperanuntuk menciptakanlapangankerja, meningkatkankualitassumberdayamanusiasertamemeliharakelestarianlingkungan
Posting Komentar
Butuh Bantuan Live? Silakan Hub Saya Via Facebook !